Wahana Baru Pertanian Terpadu Mekarsari Damandiri

Taman Buah Mekarsari sebagai Kebun Pelestarian Plasma Nutfah Indonesia dan obyek wisata agro terus melakukan pengembangan khususnya dalam aspek Pendidikan & Pelatihan Pertanian, dengan menyediakan sarana dan fasilitas pelatihan yang representative serta program-program yang dapat diaplikasikan dengan lebih mudah oleh masyarakat dan ramah lingkungan.

Bekerjasama dengan Yayasan Damandiri, Taman Buah Mekarsari akan memperkenalkan fasilitas pelatihan, yang sekaligus menjadi Wahana Wisata Edukasi Baru, yaitu WAHANA PERTANIAN TERPADU DAMANDIRI – TAMAN BUAH MEKARSARI.

PERTANIAN TERPADU sendiri merupakan suatu sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan bidang ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan. Melalui pertanian terpadu diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi peningkatan produktivitas lahan, program pembangunan dan konservasi lingkungan, serta pengembangan desa secara terpadu, disamping itu diharapkan pula kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang petani berupa pangan, sandang dan papan akan tercukupi dengan sistem pertanian ini. Dengan kata lain, PERTANIAN TERPADU akan membawa dampak kepada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya serta petani khususnya.

 

Pada dasarnya, system pertanian terpadu akan menghasilkan Produk 4F yaitu FOOD (pangan), FEED (pakan ternak), FUEL (energi), dan FERTILIZER (pupuk). Sistim ini pun mampu mengoptimalkan pemanfaatan seluruh sumber daya yang ada agar terciptanya hubungan timbale balik antar sector dengan saling memanfaatkan limbah. Misalnya sisa sayuran dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk, serta feses ternak dapat dijadikan pupuk tanaman dan diolah menjadi energi (biogas). Adanya lebih dari satu sector tersebut dapat melengkapi ekosistem dan seluruh komponen produksi dapat dimanfaatkan oleh komponen lain. Sehingga dapat tercipta efisiensi produksi dan meminimalisir limbah.

Namun demikian, penerapan sistim pertanian terpadu saat ini masih terdapat kendalakhususnya dalam pengetahuan serta manajemen pengelolaannya. Untuk itu, kehadiran wahana PERTANIAN TERPADU DAMANDIRI – TAMAN BUAH MEKARSARI ini akan memberikan manfaat bagi pendidikan serta pengembangan pertanian terpadu di Indonesia.

PERTANIAN TERPADU DAMANDIRI – TAMAN BUAH MEKARSARI dilengkapi dengan fasilitas dan  program antara lain:

  • Peternak Sapi FH
  • Peternakan Kerbau Lokal
  • Peternakan Domba Ekor Tipis
  • Peternakan Lele Sangkuriang
  • Peternakan Ayam Arab
  • Budidaya Sayuran Vertikultur
  • Budidaya Sayuran Organik
  • Bio Digester / Reaktor Biogas
  • Pengolahan Urine / Biourine
  • Pengolahan Pupuk Cair dan Padat

Untuk mengetahui lebih detail tentang pertanian terpadu, Taman Buah Mekarsari telah mempersiapkan PAKET PELATIHAN PERTANIAN TERPADU untuk mahasiswa, petani maupun masyarakat umum serta PAKET TUR PERTANIAN TERPADU untuk siswa/I mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Mengikuti kegiatan Pertanian Terpadu sangat menarik dan menyenangkan. Peserta pelatihan dapat mengikuti dan mempraktekan secara langsung semua proses yang berlangsung dalam Pertanian Terpadu, serta melihat dan merasakan langsung hasilnya antara lain (1). Biogas sebagai energy terbarukan,  yang dapat digunakan untuk memasak atau sebagai sumber energy penerangan, (2). Pupuk Cair dan Pupuk Padat yang berasal dari kotoran ternak (3). Biourine sebagai pupuk yang berasal dari urine ternak, serta hasil pangan pertanian terpadu berupa (4). TelurAyam, ikan serta sayuran organik.