TOP 5 KOLEKSI BIBIT TANAMAN BUAH

Sebagai kebun koleksi tanaman buah tropika, Taman Buah Mekarsari juga mengupayakan produksi bibit unggul dan berkualitas hasil dari perkembangbiakan dengan pohon induk yang terbaik. Dengan begitu Taman Buah Mekarsari juga turut memenuhi kebutuhan bibit untuk perkembangan sektor pertanian dan perkebunan.

Produksi bibit tanaman buah terus meningkat, tidak hanya buah komersil, buah langka nan eksotik pun tidak kalah eksis. Berikut top 5  bibit tanaman buah yang tersedia :

Nangkadak Super Oranye

Dari pohon induk yang unggul, maka akan menghasilkan buah yang juga berkualitas. Tidak hanya buah, pohon induk nangkadak super oranye Taman Buah Mekarsari juga menjadi dasar perbanyakan bibit melalui proses sambung susu. Nangkadak super oranye cocok ditanam pada ketinggian 0-800 mdpl. Sifat unggul nangkadak super oranye  adalah pohon bertajuk pendek dan rimbun, tanaman berumur genjah, 2-3 tahun setelah tanam sudah mulai berbuah, buah berbentuk silindris dengan ukuran sedang 3-6 kg/buah. Rasa buah lebih manis dengan ukuran 34-40 o Brix.

Lengkeng Ruby Longan

Lengkeng Ruby adalah salah satu jenis lengkeng unggulan yang mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Lahan yang dibutuhkan cukup tanah yang memiliki tekstur tanah halus dengan tingkat pH 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng yakni tipe iklim B atau basah, iklim D atau sedang, dan tipe C atau agak basah. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di area terbuka.

Lengkeng Puangray

Lengkeng puangray memiliki sifat genjah (mudah berbuah) dan mudah beradaptasi di dataran rendah. Daging buahnya tebal dan tidak berair serta bijinya kecil. Lengkeng Puangray ini termasuk mudah dalam perawatamnya. Lengkeng puangray bisa berbuah 3 kali dalam setahun, karena waktu berbunga hingga buah panen hanya butuh waktu 4 bulan.

Belimbing Malaya

Rasanya manis dan agak renyah. Panjangnya dapat mencapai 15 cm ddan berat rata-rata per buahnya antara 200-400 g. Tingkat kematangan jenis belimbing malaya ini tergolong cepat. Kurang lebih 65-75 hari sejak munculnya bunga, buahnya sudah siap dipetik. Cocok ditanam di daerah dengan ketinggian 0-800 mdpl. Bibit belimbing Malaya Taman Buah Mekarsari adalah hasil sambung pucuk (Top Grafting) dengan masa produktif 1-1,5 tahun sejak tanam di lahan.

 Jeruk Kasturi

Jeruk kasturi atau disebut juga jeruk kalamansi merupakan jeruk yang digunakan sebagai bahan campuran minuman terutama es kelapa. Jeruk kasturi beraroma harum dan rasanya agak asam. Pohonnya yang tidak terlalu tingi dan rimbun cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau Tambulapot. Pohon jeruk kasturi tumbuh tegak ramping, silindris, cabang yang padat, batang berduri, daun dan batang mengembang menyamping. Biasanya sudah belajar berbuah pada usia 6-12 bulan sejak tanam.

Pemesanan bibit Taman Buah Mekarsari bisa dilakukan dengan menghubungi 0838 1957 7879 dan mengakses Bukalapak dengan nama toko Mekarsari Garden Nursery. Atau kunjungi langsung outlet penjualan bibit Taman Buah Mekarsari.