SI RAJA BUAH MULAI BERBUNGA DAN BERBUAH

Taman buah mekarsari merupakan pusat pelestarian keanekaragaman hayati dan kebun koleksi buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Salah satunya adalah β€œSi Raja Buah” Durian yang menjadi koleksi Taman Buah Mekarsari sebanyak lebih dari 30 jenis diantaranya Lai Mas, Jarian, Sunan, Sililin, Ajimah, Hepe, Kamarung, Koclak, Sukarno, Kukusan, Monthong, Musang King, Mentega, Simas Cipaku, Simas Cikalong, Sikapal, Sibakul, Surya, Matahri, Manalagi, Petruk, Aden, Canee, Sukun, Sitokong, DPR 1, DPR 2, DPR 3, Gundulan, Merah Banyuwangi, Tenom Beauty, Namlung, Bawor, dan lainnya.

Pada setiap tanaman, momen berbunga menjadi salah satu yang paling penting dan ditunggu. Karena kemunculan bunga adalah tanda munculnya harapan untuk berbuah. Di bulan Oktober ini, berbagai jenis durian koleksi Taman Buah Mekarsari sudah mulai menunjukkan bunga-bunga indahnya. Bunga durian termasuk golongan bunga sempurna, karena memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan betina (kepala putik) dan juga dapat diolah menjadi masakan. Jenis durian yang sudah berbunga ada 24 jenis, diantaranya Lai Mas, Jarian, Sunan, Sililin, Ajimah, Sukarno, Surya, Matahari, Aden, Koclak, dan lain-lain.

Tidak hanya berbunga, sebagian pohon di kebun koleksi Taman Buah Mekarsari juga sudah menunjukkan calon buah durian yang bergelantungan dengan imut dan lucu. Ukurannya yang kecil terlihat sangat menggemaskan. Kemunculan calon buah durian ini tentu sangat membahagiakan, karena itu berarti masa panen sudah semakin dekat. Ada 10 jenis durian yang juga sudah muncul buah, diantaranya Lai Mas, Matahari, Mentega, Ajimah, Sihejo, Aden, Sukarno, Chane, D24, dan durian aneka.

Di Taman Buah Mekarsari, panen durian tahun 2019 diperkirakan akan dimulai pada bulan Desember. Seluruh koleksi durian Mekarsari terdapat di kebun areal Blok A (daun 9, 10 dan 11), Blok E (daun 8, 9, 10 dan 11), areal pembibitan (nursery) dan laboratorium Biosari (penelitian).

Ayo berkunjung ke Taman Buah Mekarsari untuk melihat indahnya bunga durian, lucunya anak-anak Si Raja Buah dan nikmatnya banjir durian unggulan Mekarsari di musim panen.