JAMBU TAPI RASA “PEAR” ?

Nyaris tak berbiji dengan daging buah renyah dan rasa buah manis itulah gambaran dari jambu sukun kristalyang dikembangkan di Taman Buah Mekarsari. Dengan pemeliharaan yang intensif bobot satu buah jambu sukun kristal Taman Buah Mekarsari bisa mencapai 1 kg. Saat ini ada lebih dari 2000 pohon yang dijadikan sebagai blok fondasi dengan rentang usia tanaman 3 – 12 tahun. Tanaman ini dijadikan sebagai tanaman produksi buah dan sebagian dijadikan sebagai tanaman induk. Jambu sukun kristal Taman Buah Mekarsari sangatlah produktif, usia 3 bulan dari tanam sudah mulai berbuah.

Bibit jambu sukun kristal Taman Buah Mekarsari adalah hasil cangkok sehingga keaslian varietas terjamin. Keunggulan lainnya dari bibit hasil cangkokan antara lain ; tanaman akan cepat berbuah, memiliki sifat yang sama dengan induknya,  menghasilkan pohon yang pendek, sehingga akan memudahkan pemeliharaan seperti pembungkusan buah dan pemangkasan tanaman. Pembungkusan buah dilakukan agar terhindar dari serangan lalat buah, kulit buah halus dan cerah, sehingga kualitas buah lebih terjaga. Pembungkusan dilakukan saat buah berukuran sebesar kelereng atau buah masih berdiameter kurang lebih 2 cm. Usia produktif dari jambu sukun kristal bisa mencapai 35 tahun.

Budidaya jambu sukun kristal dapat dilakukan dilahan terbuka atau ditanam didalam pot yang lebih dikenal dengan istilah budidaya tabulampot (tanaman buah didalam pot). Sehingga memiliki lahan yang terbatas tidaklah menjadi halangan untuk memiliki pohon jambu sukun kristal. Periode waktu yang pendek dari mulai tanam sampai panen menjadi hal penting bagi pembelajaran sibuah hati karena anak akan mendapatkan satu rangkaian pengalaman mulai dari kegiatan menanam, memelihara dan memanen. Jambu sukun kristal hasil cangkok sudah dapat dipanen buahnya pada usia 5-6 bulan dari mulai tanam. Keunggulan yang paling menonjol dari jambu sukun kristal adalah rasanya yang manis, daging buah  renyah seperti pear.

Untuk bibit jambu sukun kristal unggulan produksi Taman Buah Mekarsari dan panduan budidayanya, dapat menghubungi layanan Call & Send di no 0838-1957-7879.