IMLEK DAN BUAH HOKI

Budaya Tionghoa identik dengan Fengshui yaitu sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusida agar hidup selaras dengan alam dan lingkungan sekitarnya. Fengshui terdiri dari dua kata, Feng yang artinya angin dan Shui yang berarti air. Fengshui juga dapat diartikan sebagai cara yang dapat meningkatkan energi positif dan meminimalkan energi negatif.

Bagi mereka yang percaya Fengshui pasti mempercayai bahwa aliran energi dapat memberi dampak pada keuangan, kebahagiaan, kesehatan maupun hubungan sesama manusia. Salah satu contoh sederhana menerapkan Fengshui yaitu dengan tanaman-tanaman khusus atau yang dipercayai dapat mengundang hoki. Karena bagaimana pun, tanaman memiliki unsur kayu yang menjadi lambang awal atau hubungan baru dan warna hijau juga dipercaya mampu memberi efek menenangkan. Selain itu, tumbuhan dapat memurnikan udara serta mengurangi bakteri, debu, jamur dan racun.

Selain tanaman, ternyata buah-buahan juga dipercayai sebagai simbol yang dapat mendatangkan keberuntungan. Buah-buahan wajib hadir sebagai sajian dan permohonan rezeki yang mengandung filo9sofis tradisi nenek moyang.

Buah Naga

Pohonnya tergolong keluarga kaktus. Walaupun batangnya kurang indah dipandang, namun tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan kesenangan, suasana harmonis dan ceria. Buahnya sering disebut dragon fruit juga memiliki banyak khasiat seperti mengobati kanker, jantung dan pencernaan. Di Vietnam dan Thailand, buah ini sering diletakkan di atas meja sebagai simbol kesenangan bagi orang yang memandangnya.

Nanas

Dalam bahasa Cina, nanas dikenal dengan sebutan huang li, yang berarti raja. Tak heran bila kemudian nanas dijadikan simbol raja. Biasanya, nanas diletakkan di atas meja persembahan agar rezeki seluruh anak cucu dapat melimpah seperti halnya rezeki yang diterima oleh anak-anak raja secara turun temurun dan melimpah ruah.

Delima

Dalam konsep Fengshui, pohon delima dipercayai sangat memberikan aura positif. Delima melambangkan kesuburan, makanya simbol delima dapat digunakan bagi sepasang suami istri yang sulit mendapatkan keturunan. Biji-bijinya adalah simbol melimpahnya benih-benih keturunan yang sangat menguntungkan. Buah delima juga melambangkan kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis.

Persik

Menurut simbol tradisi Cina, persik melambangkan keabadian dan awet muda. Akan tetapi bagian lainnya juga memiliki maknanya tersendiri. Misalnya bagian kelopak persik melambangkan cinta dan kebahagian di tahun yang akan datang.

 

Apel

Dahulu buah apel dinilai sebagai buah yang mahal dan mewah karena hanya bisa tumbuh di Korea dan Jepang, sehingga warga Cina harus mengimportnya dengan harga yang lebih mahal. Maka itu buah apel ini sering dijadikan simbol keberuntungan dan kekayaan.

Srikaya

Buah ini juga merupakan lambang rezeki, karena memiliki banyak biji. Semakin banyak biji uang terdapat dalam buah srikaya, maka dipercaya akan semakin banyak mendatangkan rezeki. Maka tidak heran apabila buah ini akan diserbu jelang perayaan imlek untuk menjadi sajian di atas meja

Pada 25 Januari – 2 Februari 2020, Taman Buah Mekarsari akan turut memeriahkan momen IMLEK dengan serba-serbi tanaman hoki dan bazar tanaman kasturi. Ayo! nikmati momen liburan IMLEK dengan berwisata di Taman Buah Mekarsari.