TUR EDUKASI JAMBLANG (Syzygium Cuminii)

Sudah mengetahui buah Jamblang? Buah ini merupakan salah satu koleksi buah tropika yang dimiliki Taman Buah Mekarsari. Mulai 2 November 2019, Taman Buah Mekarsari akan mengajak pengunjung untuk mengenal dan merasakan buah langsung buah jamblang.

Jamblang merupakan buah langka yang memiliki nama lain seperti duwet, jambu keling, dhuwak, dan dikenal sebagai anggur jawa. Jamblang memang memiliki bentuk buah seperti anggur, dengan warnanya yang ungu kehitaman. Ada dua jenis jamblang yaitu jamblang hitam dan jamblang putih.

Rasanya sangat khas dengan kombinasi rasa yang sangat manis, serta sepat dan asam. Itulah yang membuat jamblang sangat enak untuk dikonsumsi. Selain enak untuk dinikmati, jamblang ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang banyak.

1). Baik Bagi Pencernaan Sekaligus Mengatasi Sembelit

Jamblang mengandung serat yang dapat mengatsi sembelit. Ada 0,9 gram serat dalam 100 gram dalam buah jamblang. Jus buah dan kulitnya bisa dijadikan obat tradisional ketika ada pendarahan usus.

2). Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Ada 1,7 mg zat besi, 16 mg kalsium, 16,7 mg pospor dan 36 mg magnesium yang dikandung buah jamblang dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang serta gigi.

3). Alternatif Untuk Kesehatan Mata

Apabila tidak menyukai wortel, jamblang bisa menjadi pilihan makanan sehat guna menjaga kesehatan mata. Ada 81 IU vitamin A dalam 100 gram jamblang.

4). Atasi Sakit Batuk

Campuran jamblang segar dan madu bisa menjadi ramuan ampuh atasi batuk, karena jamblang mengandung vitamin c dan antioksidan yang mampu melawan bakteri penyebab batuk.

5). Meningkatkan Nafsu Makan

Apabila mengalami perut begah dan terasa tidak nyaman, pasti nafsu makan akanย ย  berkurang. Ternyata mengonsumsi 50 gram jamblang segar dengan campuran madu dan air dapat membuat perut kembali nyaman.

6). Obat Diabetes

Secara ilmiah, buah jamblang memiliki indeks glikemik rendah. Studi menunjukkan bahwa buah jamblang berpotensi sebagai bahan obat diabetes, serta biji jamblang dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%.

Ayo, segera kunjungi Taman Buah Mekarsari, untuk menikmati wisata yang seru dan edukatif.