RUBY, SI LENGKENG MERAH

Apa yang ada dalam pikiranmu jika mendengar kata “Lengkeng/kelengkeng”? Pasti kamu langsung terbayang dengan buah berbentuk bulat kecil dan kulitnya berwarna kecokelatan.  Lalu bagaimana dengan Lengkeng Merah, sudah pernah dengar dan mengenalnya? Kedengarannya asing, namun buah lengkeng merah ternyata memang ada.

Lengkeng merah atau Ruby Longan adalah lengkeng yang memiliki keistimewaan karena batang, daun dan kulit buahnya berwarna merah seperti permata ruby yang eksotis. Lengkeng merah bukanlah hasil persilangan, melainkan hasil mutasi gen. Hal ini dapat terjadi karena gen lengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalami mutasi gen karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa electron, proton dan energi atom sehingga menyebabkan perubahan pada tanamannya. Lengkeng merah juga diketahui memiliki kemampuan beradaptasi di berbagai kondisi. Ia mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi dengan iklim B atau basah, iklim D atau sedang dan iklim C agak basah. Ruby Si Lengkeng Merah ternyata juga memiliki rasa yang sama istimewanya dengan fisiknya. Rasa buah lengkeng ruby sangat manis dengan kadar kemanisan 21 – 24 briks.

Sebagai pusat pelestarian buah-buah tropika, Taman Buah Mekarsari turut membudidayakan lengkeng ruby sebagai varian tanaman lengkeng jenis baru. Karena lengkeng ruby masih tergolong langka di Indonesia dan masih sangat terbatas ketersediaan bibitnya. Buah-buah eksotis lengkeng ruby pun sudah terlihat menghiasi pohon-pohonnya di Taman Buah Mekarsari, karena sejak awal Februari 2020, lengkeng ruby sudah mulai banyak berbuah.

 

Saatnya berpetualang dan mengenal kekayaan buah nusantara hanya di Taman Buah Mekarsari!