Pala Afrika (Monodora Myristica)

Monodora myristica (African Nutmeg) atau Pala Afrika merupakan salah satu tanaman koleksi Taman Buah Mekarsari yang termasuk dalam suku Annonaceae. Di Indonesia, tanaman ini dapat ditemui di dua tempat yaitu Kebun Raya Bogor dan Taman Buah Mekarsari. Monodora banyak tumbuh alami di hutan Jamaika, Uganda, Gambia, Angola, Sudan dan Tanzania.

Bunganya yang unik seperti anggrek macan, membuatnya sering dijuluki Anggrek Palsu Afrika. Bunganya menggelayut pada batang-batangnya. Tinggi rata-rata pohonnya bisa mencapai 10-35 meter dengan diameter batang bisa mencapai 2 meter. Biji dan kayu Monodora myristica juga memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Pala Afrika kaya akan kalium, kalsium, mangan, zat besi, magnesium, vitamin B kompleks, vitamin C, asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A, antioksidan flavonoid. Terdapat juga minyak esensial yang dapat menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga dapat juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

Amazing benefits Monodora myristica:

  • Ekstrak biji dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala / migraine dan flu
  • Ekstrak biji dapat merangsang pencernaan dan meredakan sakit perut, kram atau gangguan
  • Membantu ASI ibu agar segera mengalir normal setelah melahirkan dengan cara menjadikannya sebagai tonik postpartum
  • Membantu mengobati rematik dengan memanfaatkan biji menjadi salep
  • Penelitian juga mengungkapkan bahwa biji Monodora Myristica mengandung kemampuan menurunkan kolesterol
  • Kulit kayu yang dihaluskan pun dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal.

Pala Afrika (Monodora myristica) dapat dijumpai di area Nursery Taman Buah Mekarsari. Ayo wisata sambil belajar dengan berkunjung ke Taman Buah Mekarsari.