IMLEKASTURI MEKARSARI

Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Umumnya, masyarakat Tionghoa  menganggap bahwa hari pertama perayaan tahun baru imlek adalah awal mula nasib baik dan keberuntungan di tahun tersebut. Maka itu, imlek akan identik dengan hoki dan simbol-simbolnya. Seperti halnya warna merah dan kuning keemasan yang tidak boleh ditinggalkan saat perayaan imlek, karena dianggap sebagai lambang keberuntungan dan keselamatan.

Selain warna merah, nilai keberuntungan juga dimiliki oleh jeruk kasturi (Citrus mitis). Jeruk dalam bahasa Mandarin ‘chi zhe’, ‘chi’ artinya rezeki dan ‘zhe’ artinya buah. Maka jeruk dapat diartikan sebagai buah pembawa rezeki. Warna oranye dianggap sebagai lambang emas yang merujuk pada uang. Sedangkan lebat hijau daunnya melambangkan kemakmuran. Orang yang menanam dan merawat tanaman jeruk kasturi pun diharapkan rezekinya akan terus mengalir. Maka tak heran apabila jeruk kasturi menjadi bawaan wajib dalam perayaan imlek. Ada pun beberapa makna kebiasaan pada perayaan imlek :

Membagikan Jeruk Agar Rezeki Terus Bertambah

Konon katanya, pada zaman dulu jeruk hanya disediakan untuk para pejabat pengadilan Cina kuno. Namun saat ini sudah dapat dibagikan ke keluarga dan kerabat saat imlek agar rezeki dapat terus bertambah.

Memaknai Rasa Buah Jeruk

Jeruk memiliki rasa yang beragam, ada yang asam dan yang manis. Begitu juga dengan perjalanan hidup manusia yang tidak akan selamanya manis. Rasa yang ada pada buah jeruk akan mengajarkan manusia bahwa kehidupan juga akan dipenuhi dengan perjalanan pahit, namun dibalik itu semua pasti akan menyisakan kenangan manis dan hikmah yang dapat dipetik.

Maknai Kerja Keras dengan Menanam Jeruk

Sebuah biji yang ditanam mampu menghasilkan bibit yang nantinya akan menjadi pohon jeruk dengan buah yang sangat banyak. Ibarat rezeki itu datang dengan usaha dan kerja keras, seperti menanam buah di lahan. Apabila saatnya tiba, rezeki dan kebahagiaan pasti tidak akan habis dipanen

Selamat merayakan tahun baru imlek 2571. Pada 25 Januari 2020, Taman Buah Mekarsari akan turut memeriahkan momen IMLEK dengan serba-serbi tanaman buah hoki dan bazar tanaman kasturi.

Jangan lupa nikmati liburan spesial IMLEK-mu di Taman Buah Mekarsari.