HADANG VIRUS CORONA DENGAN TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, meniadakan kerja toksin dan faktor virulen lain yang sifatnya antigenik dan imunogenik. Antigenik adalah sifat senyawa yang dapat merangsang pembentukan antibodi.Antigen sendiri dapat berupa protein, lemak, polisakarida, asamnukleat, lipoprotein dan lain-lain. Sedangkan imogenika dalah sifat senyawa yang dapat merangsang pembentukan kekebalan/imunitas.

Sistem imunitas tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Makaitu, imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Namun perlu diketahui bahwa sebagian besar vitamin dan seluruh mineral tidak dapat disintesa oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dengan mengkonsumi buah, sayur dan pangan hewani serta didukung oleh suplementasi vitamin dan mineral. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayur cenderung tidak mudah terserang penyakit. Hal ini karena kedua jenis makanan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang mampu memperkuat sistem imunitas tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat seperti buah-buahan, sistem kekebalan tubuh tidak akan melemah dan mampu melawan infeksi virus. Berikut buah-buahan yang dapat dikonsumi sebagai peningkat sistem imunitas tubuh :

Jeruk

Buah jeruk dikenal denganbuah yang banyak mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.Vitamin C memiliki efek untuk membantu tubuh melawan penyaki tseperti flu atau infeksi virus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C membantu mencegah pneumonia dan mendukung perawatan tetanus. Dalam 100 gram buah jeruk juga terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 11,8 gram. Kandungan yang paling banyak didapatkan dari buah jeruk adalah karbohidrat dan air. Selain itu ada thiamin atau vitamin B1 dan asamfolat atau vitamin B9. Mineral lainnya ada potassium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

Pepaya

Buah ini kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan melawan penyakit. Pepaya juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk kekebalan tubuh, serta memiliki enzim pencernaan atau papain yang memiliki efek anti-inflamasi.

Salah satu jenis pepaya yang dibudidayakan Taman Buah Mekarsari adalah pepaya calina/california. Pepaya ini bukanlah berasal dari California, Amerika, pepaya ini merupakan asli dari Indonesia. Pepaya california juga merupakan pepaya yang ditemukan ilmuwan Indonesia melalui sebuah penelitian yang ketika itu diberi nama pepaya Callina.

Pepaya california dapat dikenali melalui ciri-cirinya yaitu warna kulit buah hijau cerah dan daging buahnya merah cerah. Tekstur daging buah renyah dan tidak lembek.Pepaya ini juga memiliki keunikanya itu lubang di dalam buah pepaya berbentuk bintang lima.

Pepaya california mengandung banyak nutrisi yang dilengkapi dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, niacin, zatbesi, karbohidrat, fosfordan lain-lainnya. Selain berfungsi untuk menangkal bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh, pepaya california juga bagus untuk menjaga kesehatan ginjal karena kandungan phenotic dan flavonoid.

JambuBiji

Jambu biji adalah salah satu buah yang juga mengandung banyak vitamin C. Dengan mengkonsumsi jambu biji mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memberikan perlindungan alami terhadap serangan virus dan penyakit.

Salah satu varietas jambu biji yang menjadi primadona Taman Buah Mekarsari adalah jambu kristal. Jambu kristal merupakan varietas jambu biji turunan dari jambu biji daging putih. Perbedaannya adalah biji jambu kristal tidak sebanyak jambu biji pada umumnya.Β  Jambu kristal mengandung banyak gizi dan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, potassium dan lain-lainnya. Vitamin C yang terkandung dalam jambu kristal 8 kali lipat lebih banyakdari lemon dan 5 kali lipat lebih banyak dari jeruk biasa. Maka jambu kristal juga dapat berperan sebagai anti infeksi, anti bakteridan anti peradangan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah Indonesia telah menyatakan COVID-19 sebagai pandemi dan menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan tidak beraktivitas di luar rumah alias #dirumahaja untuk menekan penularan virus tersebut. Terbatasnya ruang gerak kita saat ini tentu tidak menghalangi kita untuk tetap mengkonsumsi buah, karena buah-buah segar produk Taman Buah Mekarsari bisa tetap didapatkan dalam program Call and Send.Β Konsumen bisa memesan buah-buah panen Taman Buah Mekarsari dengan menghubungi 0838 1957 7879 atau 0813 9907 3389.