ABIU

Abiu sering dikenal dengan sebutan sawo Australia. Padahal abiu yang termasuk spesies Pouteria caimito ini merupakan tanaman buah yang berasal dari daerah sekitar wilayah Amazon, dataran rendah Peru dan Brazil (Amerika Selatan). Di negara asalnya, abiu jadi tanaman pekarangan rumah atau penduduk pohon di pinggir jalan. Disebut sawo Australia karena abiu banyak dibudidayakan secara komersial di North Queensland, Australia. Sejak tahun 2006 tanaman abiu sudah ditaman di Taman Buah Mekarsari.

Tanaman Buah Abiu berbentuk oval hingga berbentuk bulat berukuran panjang 6-12 cm memiliki bobot cukup besar antara 300-700g dengan ujung buah bulat licin hingga bercuping, Panen tanaman buah Abiu dapat dilakukan setelah 3 bulan dari bunga tanaman abiu muncul.

Tanaman Abiu yang memiliki banyak kesamaan dengan sawo durian (Chrysophyllum Cainito), seperti halnya tanaman sawo lainnya pohon buah Abiu mampu mencapai tinggi 15 meter. Pohon buah Abiu membentuk tajuk seperti piramida, Bentuk tajuk pohon Abiu yang mirip tajuk pohon cemara ini menjadikan pohon Abiu sangat Indah untuk dijadikan tabulampot (red : tanaman buah dalam pot), terlebih lagi warna kulit yang sangat cerah dan menarik dari buah Abiu akan terlihat lebih cantik bergantungan di tabulampot jika dibandingkan dengan kerabat sawo lainnya.

Ciri-ciri buah Abiu yang sudah matang sempurna sangat mudah dikenali yaitu kulitnya akan berwarna kuning. Manis, lembek, berair danbergetah dapat menggambarkan rasadan tekstur daging buah Abiu. Walaupun banyak yang berkata bahwa rasanya seperti kelapa muda, namun Abiu ini lebih manis dan nikmat karena memiliki tingkat kemanisan mencapai 16 brix. Abiu akan sangat nikmat disantap dengan cara dibelah membujur atau disendok.

Abiu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat mengobati batuk/ sakit tenggorokan, gangguan paru-paru seperti bronchitis, mengobati cacingan, sembelit, hingga pereda bengkak.

Tertarik untuk merasakan segarnya Abiu hasil panen Taman Buah Mekarsari?. Segera hubungi layanan penjulan Call & Send Taman Buah Mekarsari di no 0813 9907 33389 atau 0838 1957 7879.

Ingin mencoba membeli Online langsung lewat Bukalapak (Mekarsari Garden & Nursery) klik disini