PANEN JAMBU BOL JAMAIKA

Jambu bol masih termasuk dalam keluarga jambu-jambuan yang merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari kawasan Indo-Cina, Malaysia, Filipina, Indonesia. Dalam bahasa Inggris jambu bol disebut dengan Malay Apple dengan nama ilmiah Syzygiummalaccense.

Jambu ini juga memiliki banyak sebutan diantaranya jambu darsono, jambu kepal, jambu jamaika dan jambu merah. Perbedaan daerah pun ternyata juga menentukan panggilan untuk jambu bol, misalnya di Minangkabau disebut jambu bo dan jambuย  jambak, di Makasar disebut jambu bolo, di daerah Sunda disebut jambu bool, di Jawa dan Madura disebut jambu darsana, dersana, tersana dan lain sebagainya.

Keunikan dari jambu bol terletak pada bunga dan buahnya. Saat blooming season, bunga jambu bol mekar begitu indah dengan warna yang cantik yaitu merah muda hingga keunguan. Biasanya musim berbunga jambu bol di Taman Buah Mekarsari mulai bulan Maret – April dan dapat dipanen dibulan Mei.

Buah jambu bol memiliki tekstur daging lembut dan lebih padat dibanding jenis jambu air. Rasa buahnya pun segar dan unik yaitu perpaduan antara manis, asam, dan sepat atau bisa juga disebut dengan rasa nano-nano. Namun dengan keunikan dari rasanya tersebut, jambu bol sangat digemari terutama untuk diolah menjadi rujak, asinan dan manisan.

Siapasangka, dibalik buahnya yang cantik dan rasanya yang unik ternyata jambu bol juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Jambubol kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, lemak, zatbesi protein, kalsium, sertafosfor. Adapun beberapa manfaat dari mengonsumsi jambu bol :

  1. Seduhan daun, buah dan biji jambu bol dapat membantu menurunkan demam
  2. Kandungan vitamin C pada jambu bol dapat menjadi alternatif mengatasi sariawan serta menjaga daya tahan tubuh
  1. Mengonsumsi beberapa jambu bol akan cepat memberi rasa kenyang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Sehingga akan sangat cocok untuk program diet sehat
  2. Mengonsumsi jambu bol juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah

Saat ini Taman Buah Mekarsari memiliki koleksi empat varietas jambu bol diantaranya Jambu Bol Kapas, Jambu Bol Merah, Jambu Bol Hitam dan Jambu Bol Jamaika. Jambu bol dalam satu tahun dapat berbuah dua kali dan dari keempat jenis jambu bol yang dikoleksi Taman Buah Mekarsari, jambu bol jamaika yang paling produktif dari sisi hasil panen. Minggu kedua bulan Meiย  jambu bol jamaika sudah memasuki masa panen. Tertarik untuk merasakan segarnya jambu bol jamaikan hasil panen Taman Buah Mekarsari?. Segera hubungi layanan penjulan Call & Send Taman Buah Mekarsari di no 0813 9907 33389 atau 0838 1957 7879.